Cara Cepat Menghapus File / Folder Berukuran Besar Pada Server Melalui SSH

Oke kali ini saya akan share sedikit tips tentang cara cepat menghapus file atau folder yang berukuran sangat besar pada server. Kita akan menggunakan command ssh untuk melakukanya.

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu kalian memiliki akses ssh untuk server yang kalian miliki (shared hosting, vps maupun dedicated server). Kalian juga harus menginstall software pihak ketiga terlebih dahulu untuk bisa mengakses SSH pada server kalian. Biasanya saya menggunakan Putty dan Bitvise SSH.

Jika biasanya untuk menghapus file maupun folder melalui ssh kita menggunakan command rm seperti di bawah ini

rm -rf namafolder/ataurm -rf *ataurm -rf namafile

Kali ini kita akan menggunakan command yang lain yaitu rsync. Sebelumnya saya mengira kalau rsync hanya digunakan untuk memindahkan data antara 2 server yang berbeda, ternyata bisa juga untuk menghapus file berukuran besar di server kita. Saya sudah melakukan testing menghapus file cache di vps yang jumlahnya mungkin ada ratusan ribu hingga jutaan. Oke langsung aja ke baris perintahnya ya

mkdir folder_sampahrsync -avz --progress --delete folder_sampah/ folder_dihapus/nb : untuk folder_dihapus silahkan sesuaikan dengan nama folder di server kalian yang ingin kalian delete

Penjelasan dari code di atas adalah :

  1. kita membuat folder_sampah yang berfungsi untuk menampung file yang akan kita hapus
  2. berikutnya adalah perintah rsync yang cara kerjanya adalah memindahkan file-file yang ada di dalam folder_dihapus sekaligus menghapusnya.

Oke, gampang kan caranya. Oiya! saya ga ngeklaim cara ini merupakan cara yang paling cepat ya, hanya sekedar alternatif saja. Kalau kalian ada cara yang lebih cepat, silahkan share melalui kolom komentar di bawah ini ya. Nanti akan saya update artikel ini, mana tahu bisa ngebantu yang lainnya.

Pemrograman Tutorial
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.