Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sharing Folder Google Drive

Seperti yang kita tahu, gdrive saat ini merupakan layanan penyimpanan cloud yang paling populer. Terlepas dari fakta bahwa gdrive sendiri merupakan produk dari rakasasa teknologi yaitu Google, segudang fitur serta UI yang simple menjadi daya tarik tersendiri untuk para penggunanya. Di postingan kali ini saya akan share tentang cara sharing folder google drive.

Oke, sebelum lanjut ada baiknya kalau kita kenalan sedikit lebih jauh terlebih dahulu dengan Layanan Google Drive ini. Untuk kalian yang sudah paham maupun biasa menggunakan drive bisa langsung skip ke point-point artikel selanjutnya.

Apa Itu Google Drive

Google drive merupakan salah satu produk yang menjadi favorit oleh banyak orang. Sejak pertama di launching tahun 2012, jumlah penggunanya di seluruh dunia terus meningkat pesat.

Google drive sendiri pada dasarnya merupakan layanan penyimpanan file berbasis awan ( cloud ) yang berfungsi untuk menyimpan serta mengakses berbagai macam file secara online. Gdrive juga memiliki kemampuan untuk menyinkronkan data yang bisa berupa dokumen, foto, video, dan lainnya yang terdapat di device kalian dengan sangat mudah.

Hampir semua perangkat yang ada saat ini seperti PC Desktop, Smartphone, Tablet, TV Box dan lainnya sudah mendukung layanan google drive ini. Tidak hanya itu, hampir semua OS yang ada juga bisa menggunakan Gdrive seperti Windows, Linux, Android,iOS, MacOs, dll.

Cara Mendaftar Google Drive

Cara untuk memiliki akun penyimpanan google drive sangatlah mudah. Kalian cukup membuat email Google maka secara otomatis kalian juga sudah memiliki akun Google Drive gratis dengan kapasitas memori sebesar 15GB. Dengan begitu kalian sudah memiliki media penyimpanan online yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun selama masih ada koneksi internet.

Fungsi & Manfaat Google Drive

Sesuai dengan apa yang dibahas sebelumnya, fungsi utama dari Gdrive ini adalah sebagai media penyimpanan online. Cara kerjanya adalah dengan mengupload file yang ada di local drive kalian ke server gdrive milik kalian. Setelah selesai diupload, kalian bisa mengakses file tersebut kapanpun dan dimanapun menggunakan device kalian.

Apakah hanya sebatas itu ? Tentu saja tidak. Berikut ini beberapa ulasan mengenai fungsi dan manfaat dari google drive yang bisa kita peroleh.

  1. File Sharing

Google drive memiliki fitur yang memungkinkan kalian bisa berbagi file yang kalian simpan kepada orang lain. Tidak hanya file berukuran kecil, file yang ukurannya besar ber giga-giga pun juga bisa kalian share ke orang lain.

Anda dapat meng-invite orang lain melalui link atau url yang telah di generate oleh Google. Nantinya, orang yang anda undang tersebut dapat anda atur hak aksesnya seperti melihat file, memberi komentar bahkan melakukan editing file milik kalian. Semuanya dapat di setting dengan sangat mudah. untuk cara sharing folder google drive nanti akan saya bahas tersendiri di artikel ini.

  1. Mengedit File

Di Google drive kalian juga bisa mengedit file berjenis dokumen word, excel, powerpoint langsung secara online. Hal ini bisa dilakukan sebab Gdrive sendiri sudah terintregasi dengan produk Google lainnya yaitu Google Docs, Google Sheets dan Google Slides.

Cara penggunaanya pun cukup mudah karena mirip dengan yang ada pada Microsoft Office Word, Excel dan Powerpoint. Semuanya dapat dilakukan melalui device milik kalian.

  1. Membuat Catatan

Fitur lain yang bisa kalian nikmati adalah Google Keep. Google Keep ini memungkinkan kalian untuk menyimpan catatan di dalam Google Drive. Kalian tidak memerlukan software lain lagi, cukup menggunakan fitur ini maka kalian bisa membuat catatan dan mengaksesnya dimanapun dan kapanpun

  1. Menyimpan Link / URL Penting

Pernahkah kalian merasa kebingungan ketika mencari / mengingat link penting dari sebuah situs yang pernah kalian buka sebelumnya. Google drive memiliki fitur bermanfaat untuk kalian yang sering lupa dengan hal tersebut.

Cukup pasang extention Google Drive di browser Chrome kalian lalu klik ikon berbentuk segitiga yang ada di di browser kalian untuk menyimpan url dari situs yang sedang kalian kunjungi saat ini. Atau bisa juga dengan melakukan klik kanan diatas url tersebut lalu pilih menu Save Link to Google Drive. Ya, sesimpel itu tapi cukup bermanfaat!

  1. Backup File

Google Drive bisa dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan backup file-file penting yang ada di device kalian. Jadi seumpama terjadi hal yang tidak diinginkan pada perangkat kalian dan terdapat file penting disitu, maka kalian tidak perlu khawatir lagi.

Selain itu, Gdrive juga bisa digunakan untuk melakukan pencadangan chat dan media dari Whatsapp. Dengan begitu, ketika kalian berganti smartphone maka history chat dan media pada perangkat lama tetap bisa diakses di perangkat yang baru.

Caranya cukup mudah kok! Pada aplikasi whatsapp pilih Menu > setelan > chat > cadangkan chat. Setelah itu silahkan kalian pilih untuk mencadangkan ke Google Drive dan frekuensi waktu backupnya.

kalian juga bisa memanfaatkan gdrive untuk mencimpan voice note WhatsApp, baca selengkapnya disini : cara menyimpan voice note whatsapp jadi Mp3

Cara Sharing Folder Google Drive

Seperti yang sudah dibahas diatas, salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan adalah sharing folder yang ada di google drive milik kita ke orang lain. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Sharing Folder Google Drive Di Komputer Untuk Email / Orang / Grup Tertentu

  1. Buka Google Drive (Bisa Lewat Desktop App maupun Chrome)
  2. Pilih folder yang ingin kalian share
  3. Klik kanan pada folder tersebut, lalu pilih share
Cara membuat folder Google Drive yang bisa Diakses semua orang
  1. Untuk share ke orang / grup tertentu, kalian bisa mengisinya pada kolom yang sudah disediakan.
Viewer : Hanya bisa melihat / mendownload file yang kalian shareCommenter : Bisa mengakses / mendownload file dan juga meninggalkan komentarEditor : Bisa mengakses / mendownload file sekaligus mengeditnya

Cara Sharing Folder Google Drive Di Komputer Untuk Publik

  1. Buka Google Drive (Bisa Lewat Desktop App maupun Chrome)
  2. Pilih folder yang ingin kalian share
  3. Klik kanan pada folder tersebut, lalu pilih share
  4. Untuk share folder ke publik, pada bagian Get link silahkan kalian klik Change
Saat berbagi file atau folder Anda dapat membagikan file hanya dengan izin melihat
  1. Pilih hak akses Restricted AtauAnyone with the link.
Cara Sharing Folder Google Drive agar bisa diakses semua orang
  1. Lalu copy link yang telah digenerate
  2. Melalui link tersebut, orang lain dapat mengakses folder/ file yang kalian share tadi
  3. Selesai

Kesimpulan

Oke itu tadi sedikit tutorial tentang cara sharing folder google drive yang bisa saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Jangan lupa untuk kunjungi channel youtube baru kammi juga ya, kalau berkenan bisa dibantu klik tombol like & subscribenya : silahkan klik disini

Posting Komentar untuk "Cara Sharing Folder Google Drive"