Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Saldo Jamsostek Ketenagakerjaan Terbaru Dan Lengkap

Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai cara cek saldo jamsostek ketenagakerjaan terbaru (update 2022). Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya. Oke selengkapnya silahkan simak di bawah ini :

Apa itu Jamsostek

Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu jamsostek. Jamsostek merupakan singkatan dari Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Jamsostek merupakan salah satu badan penyelenggara jaminan sosial untuk para pekerja di sektor formal. Jamsostek ini sendiri sifatnya adalah didanai sendiri oleh peara pesertanya.

Tujuan utama Jamsostek ini adalah untuk memberikan perlindungan dasar guna memenuhi kebutuhan dasar bagi para tenaga kerja beserta keluarga yang mereka miliki. Jamsostek akan memberikan kepastian penggantian upah / penghasilan yang hilang akibat berbagai resiko sosial.

Per 1 Januari 2014 Jamsostek berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Setelah mengalami perubahan nama PT yang sebelumnya PT Jamsostek Menjadi BPJS Ketenagakerjaan, fungsi utama dari lembaga ini pada dasarnya tidak berubah. Namun tentu saja terdapat berbagai perbedaan diantara keduanya.

Baca Juga : Cara Melacak Handphone Yang Hilang

Perbedaan Jamsostek Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa Jamsostek saat ini sudah berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Terdapat beberapa perbedaan mendasar diantara keduanya yang bisa kami simpulkan, diantaranya adalah :

  1. Peserta wajib bagi Jamsostek adalah dari sektor pekerja formal. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan adalah pekerja dari segala macam sektor.
  2. PT Jamsostek merupakan sebuah perseroan atau BUMN. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan badan hukum publik yang berada di bawah naungan presiden secara langsung.
  3. Terdapat batasan nominal biaya perawatan kerja pada Jamsostek yaitu senilai 20 juta rupiah. Sedangkan pada BPJS tidak ada limit besaran biaya perawatan yang akan didapatkan oleh para pesertanya.
  4. Jamsostek memiliki 3 program utama yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kecelakaan dan jaminan hari tua. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan memiki 4 program utama yaitu kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan juga jaminan pensiun.

Cara Cek Saldo Jamsostek Ketenagakerjaan

Dikutip langsung dari web resmi BPJS Ketenagakerjaan, Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan (dulu Jamsostek). Baik cara online maupun konvensional, semuanya relatif mudah dan memberikan keleluasan bagi kalian untuk memilih cara yang paling sesuai dengan keinginan kalian.

Cek Saldo Jamsostek Ketenagakerjaan Dengan SMS

Cara pertama yang bisa kalian coba adalah dengan mengirimkan sms ke nomor 2757. Sebelumnya, kalian harus mendaftar terlebih dahulu. Silahkan perhatikan format smsnya berikut ini:

Daftar(spasi)SALDO#NOMOR_KTP#TANGGAL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NOMOR_PESERTA#EMAIL(tidak wajib) Kirim ke 2757

Setelah terdaftar, kalian bisa melakukan pengecekan saldo jamsostek ketenagakerjaan tersebut menggunakan sms dengan format sebagai berikut :

SALDO(spasi)NOMOR_PESERTA Kirim ke 2757

Cek Saldo Jamsostek Ketenagakerjaan Dengan Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile)

cara cek saldo jamsostek ketenagakerjaan dengan aplikasi mjo
Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) – Klaim JHT & Cek Saldo JHT

Kita bisa juga mengecek berapa jumlah saldo jamsostek ketenagakerjan menggunaan aplikasi yang bernama JMO. JMO sendiri merupakan singkatan dari Jamsostek Mobile. Pada versi sebelumnya, aplikasi ini lebih dikenal dengan nama BPJSTKU BPJS Ketenagakerjaan. Namun sebelumnya kalian harus mendaftar terlebih dahulu, Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Download Aplikasi JMO ( Jamsostek Mobile ) di Playstore atau AppStore
  2. Buat akun terlebih dahulu jika kalian belum punya akun di aplikasi JMO
  3. Pilih “Kewarganegaraan”
  4. Pilih jenis “Kepesertaan”, ada beberapa jenis kepesertaan yaitu Penerima upah, bukan penerima upah, dan pekerja migran Indonesia
  5. Masukkan data diri secara lengkap seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor kartu peserta BPJS / Jamsostek, Nama Lengkap dan Tanggal lahir.

Apabila sudah terdaftar, pengecekan saldo bisa kalian lakukakn dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi JMO
  2. Login menggunakan email dan password yang kalian daftarkan sebelumnya
  3. Pilih menu Jaminan Hari Tua
  4. Pilih menu Cek Saldo
  5. Secara otomatis jumlah saldo akan ditampilkan oleh aplikasi

Cek Saldo Jamsostek Ketenagakerjaan Online Melalui Website

Cara selanjutnya, kalian bisa mengecek berapa jumlah saldo bpjs / jasmsostek ketenagakerjaan kalian secara online melalui laman website resmi yang sudah disediakan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Lakukan Pendaftaran terlebih dahulu, caranya :

  1. Buka https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Pilih menu registrasi
  3. Silahkan kalian input data pada formulir yang disediakan seperti : nopor KJP aktif, nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor NIK / KTP, nomor hp dan juga email.
  4. Setelah berhasil, kalian akan mendapatkan PIN yang dikirimkan ke email atau sms ke nomor hp yang sudah kalian daftarkan.

Cara pengecekan saldo JHT Jamsostek secara online melalui website

  1. Buka https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Login dengan menggunakan alamat email dan password yang sudah kalian buat
  3. Silahkan pilih menu layanan
  4. Selanjutnya silahkan pilih menu cek saldo JHT
  5. Untuk konfirmasi, silahkan masukkan PIN yang sebelumnya sudah kalian terima melalui sms / email saat pendaftaran
  6. Selanjutnya jumlah saldo kalian akan tampil di layar.

Cek Saldo Jamsostek Ketenagakerjaan Dengan Datang Langsung Ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara yang terakhir merupakan cara paling konvensinal. Biasanya para peserta yang belum terlalu paham dengan internet maupun yang sudah berusia cukup lanjut akan merasa kebingungan apabila harus mengecek saldo Jamsostek mereka secara online.

Cukup datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dari lokasi tempat tinggal kalian. Setelah itu kalian bisa langsung mengambil nomor antrian untuk menuju meja customer service. Atau apabila merasa kebingungan, kalian bisa meminta tolong satpam yang ada untuk dipandu lebih lanjut.

Baiklah, sekarang kalian tidak perlu bingung lagi ya ketika membedakan apa itu Jamsostek dan BPJS. Dan lewat postingan ini pun semoga bisa menjawab rasa penasaran kalian tentang bagaimana cara cek saldo jamsostek ketenagakerjaan. Apabila bermanfaat silahkan share artikel ini, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Saldo Jamsostek Ketenagakerjaan Terbaru Dan Lengkap"