Cara Mengatasi Laptop Hang Di Windows 11,10,8 dan 7

Cara mengatasi laptop hang – Laptop saat ini menjadi salah satu gadget yang paling sering digunakan setelah smartphone. Apalagi semenjak masa pandemi ini, pengguna laptop semakin meningkat karena semuanya dituntut untuk serba digital. Tidak hanya di sektor pekerjaan namun pendidikan pun juga.

Beberapa task yang saat ini sering dikerjakan di laptop diantaranya adalah video converence via zomm, streaming video online, olah data dengan microsoft office, editing foto / video dan masih banyak lagi lainnya.

Namun kalian harus waspada karena terkadang laptop yang kalian miliki bisa mengalami problem. Problem yang hampir sering terjadi adalah tiba-tiba laptop hang ketika digunakan. Dan yang paling sering mengalami biasanya adalah para pengguna Windows 11,10,8 maupun 7.

Penyebab Laptop Hang dengan OS Windows

Laptop yang mendadak hang ketika dipakai tentu saja ada penyebabya. Ada faktor internal maupun external yang bisa menyebabkan error pada laptop kalian. Beberapa yang umum dan sering dijumpai adalah :

  1. Spesifikasi laptop yang rendah

Spesifikasi yang rendah bisa menjadi masalah ketika terlalu dipaksakan untuk menginstall OS maupun program-program tertentu. Sebelum melakukan instalasi apapun itu, ada baiknya kalau kalian melihat System Requirement-nya terlebih dahulu. Apabila memang spesifikasi laptop kalian tidak memenuhi standar yang ditentukan, sebaiknya kalian jangan memaksakan.

Sebagai contoh ketika kalian ingin menginstall WINDOWS 11 tapi RAM laptop kalian hanya 2GB saja. Tentu ini sangat tidak direkomendasikan, kedepannya kalian akan kerepotan sendiri ketika memakai laptop kalian. Lebih baik menggunakan OS Lainnya seperti Windows 8 , 7 atau kalian bisa juga menggunakan OS LINUX.

Solusi paling bijak adalah dengan mencari alternatif yang lebih ringan dari software / aplikasi yang ingin kalian install. Walaupun tidak sempurna namun setidaknya tetap bisa dipakai untuk mengerjakan tugas kalian.

  1. Laptop terkena virus / malware

Penyebab selanjutnya yang sering kita jumpai adalah karena laptop terkena serangan virus / malware. Ya, virus dan malware memang sangat menjengkelkan. Tidak hanya menyebabkan laptop menjadi hang namun mereka juga bisa meyebabkan rusak / hilangnya data-data penting di laptop kalian.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah laptop terkena virus atau malware :

  • Jangan sembarangan mendownload / menginstall software, terutama yang sifatnya null/bajakan.
  • Ketika kalian membuka suatu situs, jangan asal memencet link yang ada, perhatikan terlebih dahulu. Terkadang link tersebut bisa berisi malware.
  • ketika menancapkan removable device seperti flashdisk/externak HDD, pastikan terlebih dahulu bahwa di dalamnya bersih dari virus atau malware.
  • Gunakan antivirus / cukup windows defender saja sebenarnya, asal kalian berhati-hati seperti 3 poin diatas.

Kenapa install antivirus menjadi opsi terakhir. Karena sepengalaman saya sih Windows Defender bawaan windows udah lebih dari cukup untuk melindungi laptop kita. Asalah selalu kita selalu berhati-hati seperti apa yang sudah saya sebutkan diatas.

  1. Terdapat masalah pada OS WINDOWS

Penyebab berikutnya adalah karena error pada OS Windows kita atau si WIndows ini sedang melakukan update yang lumayan besar yang prosesnya terjadi di background. Terkadang hal ini bisa membuat laptop kita tiba-tiba hang atau lelet.

  1. Kerusakan pada hardware

Berikutnya adalah kerusakan pada hardware yang bisa menyebabkan laptop lemot, hang bahkan freeze. Kerusakan paling sering terjadi pada bagian penyimpanan, bisa berupa HDD atau SSD. Kalau RAM sih jarang terjadi walaupun mungkin ada juga.

  1. Laptop Kepanasan / Overheat

Coba kalian check suhu laptop kalian. Biasanya, ketika panas melebihi batas kewajaran laptop akan mengalami penurunan peforma yang berujung pada laptop hang atau mati sendiri. Suhu yang terlalu panas bisa disebabkan karenan laptop dipaksa melakukan task yang terlalu berat seperti rendering video. Atau bisa juga terjadi kerusakan pada system fan laptop kalian.

  1. Error pada driver

Driver menjadi jembatan penghubung antar hardware dan system yang ada di komputer kalian. Apabila terjadi error pada driver,tentu saja kinerja laptop akan menjadi tidak optimal lagi.

  1. Bugs pada program / aplikasi

Laptop hang bisa saja disebabkan karena memang sedang ada bugs pada aplikasi yang kalian gunakan. Akibatnya aplikasi menjadi tidak bisa digunakan dengan semestinya. Untuk masalah ini biasanya pihak developer akan segera memberikan update untuk memperbaiki masalah ini.

  1. Hardisk atau SSD sudah penuh

Ketika kapasitas ruang penyimpanan sudah penuh, biasanya laptop akan menjadi lelet dang mudah hang. Lihat apakah masih adakah space penyimpanan yang tersisa di laptop kalian.

  1. Dan lainnya

Masih ada beberapa penyebab lainnya akan tetapi 7 diatas tadi adalah yang paling sering ditemukan.

Cara Mengatasi Laptop Hang dengan OS WIndows

Seperti yang sudah saya utarakan diatas bahwa penyebab laptop hang/ freeze ada bermacam-macam dan tentu saja beda kasus setiap individunya. Sebagai langkah awal kalian bisa melakukan restart terlebih dahulu pada laptop kalian lalu pastikan apakah masih menemukan kondisi hang atau tidak.

Sebagai catatan saat ini saya menggunakan WIndows 10 dan 11. Jika kalian masih menggunakan Windows 8 / 7 bisa menyesuaikan device masing-masing yang karena sebagian besar caranya sama saja.

  1. Restart Laptop

Cara yang paling simple dan harus dicoba pertama kali adalah restart laptop kalian. Coba kalian restart lalu lihat setelah menyala kembali, apakah laptop kalian masih hang atau tidak. Kalau tidak berarti selamat, kemungkinan besar laptop hanya mengalami system crash tertentu saja saat processing pada aplikasi yang terakhir kalian jalankan.

  1. Cek aktifitas multitasking

Semakin banyak program / aplikasi yang kalian jalankan maka akan semakin besar pula processing yang dilakukan oleh system yang ada di laptop kalian. Hal ini berkaitan erat dengan terpakainya berbagai resource pada laptop seperti RAM dan CPU.

Pengaruhnya akan banyak terasa pada laptop keluaran agak lama yang spesifikasinya kurang tinggi. Silahkan kalian check task manager, lalu lihat berapa persen resaurce yang termakan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini.

cara mengatasi laptop hang atau ngefreeze

Pada gambar diatas terlihat untuk proses aplikasi google chrome kurang lebih 10 tab memakan resource RAM laptop 2gb lebih. Kebetulan RAM di laptop saya besarnya 16 GB ,Tentu saja akan timbul problem ketika RAM laptop kita hanya 2gb saja.

Solusinya coba kalian kill / end task aplikasi yang kira-kira memakan banyak resource entah itu CPU, DISK maupun RAM di laptop kalian. Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada aplikasi yang ingin kalian matikan, lalu pilih menu end task.

Kalau penyebabnya memang karena masalah multitasking, seharusnya laptop sudah bisa berjalan lebih ringan dan cepat kembali.

  1. Cek kapasitas SSD / HDD

Selanjutnya coba kalian cek kapasitas ruang penyimpanan kalian entah itu HDD atau SSD, jangan-jangan sudah terlalu penuh sehingga menyebabkan laptop jadi lelet atau hang.

Sebisa mungkin sisakan ruang pada drive yang digunakan untuk system Windows kalian,biasanya sih pada Local Disk C. Silahkan kalian uninstall aplikasi yang berukuran besar namun jarang digunakan.

Jangan lupa juga untuk mengecek pada folder download, silahkan hapus yang sudah tidak terpakai atau pindahkan pada Drive lainnya. Hapus juga file-file temporary pada system windows.

  1. Cek driver laptop

Cara mengatasi laptop hang yang selanjutnya coba kalian cek driver pada laptop kalian terutama untuk VGA, Network, BIOS dan Processor. Untuk mengeceknya, windows sudah menyediakan aplikasi bawaan yaitu Device Manager.

Cara Cek Driver Menggunakan Device Manager

  • Klik kanan pada Start Menu Windows → pilih Device Manager
  • Klik driver yang ingin kalian cek / kira-kira bermasalah →klik kanan → pilih update driver
  • Plih menu Search automatically for drivers ( Pastikan ada koneksi internet )
  • Tunggu sampai proses pencarian driver berjalan otomatis → klik close
  • Restart laptop lalu amati perubahannya.
  • Selesai
Catatan : Error biasanya ditandai dengan ikon warna kuning pada driver. Setelah dibereskan maka ikon warna kuning tersebut harusnya sudah hilang.
  1. Scan Laptop dengan antivirus

Kalau laptop kalian hang/lelet dan ada kemungkinan terinfeksi virus atau malware ,ada baiknya kalian melakukan scan dengan menggunakan antivirus / antimalware. Aktifitas scanning system ini sebaiknya dilakukan secara menyeluruh mengingat virus bisa bersembunyi di folder mana saya, bahkan yang mungkin kita tidak pernah ketahui sama sekali.

Sebagai langkah awal, kalian bisa melakukan scan antivirus menggunakan sodtware bawaan WIndows itu sendiri yaitu Windows Security.

Baca Juga : Cara Mudah Sharing File

Cara Scan Virus/ Malware dengan Windows Security

  1. Gunakan menu pencarian pada windows, ketik “security” → pilih Windows security → jalankan
  2. Pilih menu Virus & threat protection
  3. Klik pilihan Quick Scan → tunggu sampai proses scan selesai
  4. Selesai
Scan virus dengan menggunakan Windows Security

Apabila kalian masih merasa kurang mantap, kalian bisa melakukan scanning virus dengan menggunakan aplikasi antivirus pihak ketiga. Kalian bisa mencoba versi gratisan terlebih dahulu dari antivirus seperti Avast, AVG, TOTALAV, Bitdefender, Norton, Avira, dll.

  1. Lakukan WIndows Update

Cara lain yang bisa kalian coba adalah dengan mengupdate WIndows kalian ke versi terbaru. Biasanya di versi terbaru terdapat perbaikan bugs, peningkatan peforma, fitur, stabilitas dan keamanan. Coba cek terlebih dahulu, apakah tersedia untuk laptop kalian atau tidak.

Cara Mengatasi Laptop Hang dengan mengecek updatean Windows

  1. Klik start menu → ketikkan kata “update” maka akan muncul menu Check for updates
  2. Klik tombol check for updates
  3. tunggu sampai proses selsesai dan lihat apakah ada updatean terbaru yang tersedia untuk laptop kalian
  4. jika ya, langsung saja update
  5. selesai

Oke itulah tadi beberapa Cara Mengatasi Laptop Hang Di Windows 11,10,8 dan 7 yang bisa kalian coba. Semoga artikel ini bermanfaat ta. Thanks! Temukan juga berbagai video tutorial seputar teknologi di channel youtube sarjanamalas.

Tekno Tutorial
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.