Cara Bikin NFT Di Smartphone Android Ternyata Mudah

Cara Bikin NFT Di Smartphone Android Ternyata Mudah

Apakah kalian tertarik juga untuk bikin NFT? Ternyata mudah dan ga harus dengan komputer / laptop spesifikasi tinggi, lewat smartphone android pun bisa. Penasaran? Simak terus artikel ini hingga selesai.

Apa sih NFT itu ?

Kalau dijelaskan secara singkat, NFT atau Non Fungible Token adalah tempat investasi berupa aset digital yang menggunakan teknologi blockchain untuk me-record proses transaksinya. Para kreator nantinya akan akan merubah karya mereka ke dalam bentuk aset NFT lalu menjualnya ke marketplace NFT semisal OpenSea.

Karya digital yang dimaksud bisa berupa image, video, teks, musik,gif dan lain-lainnya yang didukung dengan teknologi blockchain.

Mendapatkan Cuan dari NFT

Emang beneran bisa mendapatkan uang dari bisnis NFT? Banyak yang masih ga percaya dan bingung tentang investasi digital yang satu ini.

Masih ingatkan berita yang viral beberapa waktu lalu tentang Ghozali Everyday? Anak muda yang sukses mendapatkan cuan miliaran rupiah dari koleksi foto selfienya. Dia mengubah kumpulan foto selfie yang sejak tahun 2017 s/d 2021 menjadi aset NFT lalu menjualnya di OpenSea. Buat kalian yang belum tau, OpenSea sendiri saat ini merupakan marketplace NFT terbesar di dunia.

Yup, Ghozali Everyday bisa menjadi salah satu contoh 1 dari sekian banyak kreator yang sukses berkat NFT. Di luar sana sudah banyak sekali yang terjun di dunia NFT. Kalau di dalam negeri sendiri mungkin belum terlalu, jadi masih ada kesempatan nih buat kalian yang ingin ikutan nyemplung!

Karena menggunakan teknologi blockchain, NFT bisa dibilang termasuk keluarga kripto. Untuk berinvestasi di dalamnya pun kalian harus menggunakan mata uang kripto. Namun ada bedanya yaitu NFT tidak memiliki nilai tukar yang sama.

Cara Bikin NFT Di Smartphone Android

Untuk kalian yang mungkin tidak memiki laptop / PC tidak perlu khawatir karena NFT sendiri bisa kok dibuat dengan menggunakan smartphone. Caranya cukup simple dan seharusnya orang yang awam pun tetap bisa melakukanya. Gambaran singkatnya adalah sebagai berikut :

  1. Menyiapkan aset digital
  2. Menyiapkan dompet digital
  3. Membuat akun marketplace NFT
  4. Melakukan proses Minting NFT

Selanjutnya akan saya jelaskan satu-persatu secara mendetail agar kalian bisa lebih paham. Kalau belum paham atau yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan lewat kolom komentar di bawah ya.

1. Menyiapkan Aset Digital

Sebagai langkah awal tentu saja kalian harus memiliki aset / karya yang ingin kalian jual terlebih dahulu. Karena menggunakan smartphone, maka aset tersebut harus berbentuk digital semisal foto, video, musik maupun animasi gif.

Demi keamanan, sebaiknya jangan gunakan data pribadi dalam membuat aset NFT. Jangan juga menggunakan sesuatu yang ilegal maupun dilarang.

2. Menyiapkan Dompet Digital ( Wallet )

Selanjutnya kalian juga harus membuat wallet atau dompet crypto yang berfungsi untuk menyimpan maupun mengambil aset berupa mata uang crypto. Fungsinya sebenarnya hampir sama dengan dompet digital pada uang fungsional.

Contoh aplikasi wallet yang saat ini cukup populer dan bisa kalian pilih adalah metamask. Untuk tutorial pembuatanya bisa kalian baca artikel berikut ini.

baca juga : Cara membuat wallet Metamask

Dengan wallet ini maka kalian tidak perlu dompet fisik lagi karena mata uang kripto ( cryptocurrency ) kalian nanti akan disimpan di situ. Untuk mengasksesnya kalian bisa menggunakan smartphone, laptop,pc atau tablet yang terkoneksi ke internet.

Membuat Akun Marketplace NFT

Oke, next step adalah membuat akun marketplace NFT terlebih dahulu. Marketplace NFT yang recommended adalah OpenSea. Silahkan kalian buat akun di platform tersebut terlebih dahulu. Selesaikan proses registrasi sesuai dengan ketentuan yang ada.

Ketika membuat akun OpenSea ini, nanti kalian juga akan diminta untuk menghubungkan akun wallet yang sudah kalian buat sebelumnya. Jika sudah ke approve, bisa kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

Melakukan Proses Minting NFT

Minting ini adalah proses mengubah / mengconvert aset digital milik kalian ( foto, video, gif, musik, char game, dll ) menjadi aset NFT. Kemudian nantinya file digital tersbut akan disimpan di blockchain. Karena akan menjual aset NFT kita di OpenSea, maka kalian harus mengikuti beberapa proses sesuai ketentuan yang ada.

Berikut ini adalah langkah-langkah minting NFT di marketplace OpenSea

  1. Buka situs OpenSea dengan menggunakan browser
  2. Hubungkan akun OpenSea ke wallet yang sudah kalian buat sebelumnya (MetaMask)
  3. Lengkapi data diri pada menu akun profil
  4. Lakukan verifikasi melalui email
  5. Buka Menu account di OpenSea
  6. Klik My Collection
  7. Pilih menu Create a Collection
  8. Silahkan upload file aset digital yang ingin kalian ubah menjadi NFT
  9. Beri nama aset NFT
  10. Lengkapi deskripsi dari aset NFT kalian tadi
  11. Klik tombol Create
  12. Tunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh pihak NFT
  13. setelah disetujui, aset NFT kalian akan muncul di listing jual-beli

Tekno Tutorial
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.