Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara setting BIOS agar langsung masuk Windows

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara setting BIOS pada laptop agar langsung masuk Windows. Untuk detail selengkapanya, silahkan baca artikel ini sampai selesai, OK?

Cara setting BIOS agar langsung masuk Windows

Untuk kamu yang sedang membaca artikel ini mungkin sedang kebingungan karena ketika menyalakan laptop, Bukan OS Windows yang terbuka melainkan settingan BIOS.

Penyebab Laptop Langsung Masuk BIOS

Permasalahan seperti ini memang cukup sering ditemukan. Pada kasus ini laptop tidak bisa booting dengan sempurna. Untuk penyebabnya sendiri ada beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Settingan BIOS Yang salah.
    Pada BIOSterdapat beberapa pengaturan yang bisa kalian otak-atik salah satunya adalah opsi untuk booting ketika menyalakan laptop. Ada kemungkinan kalian tidak sengaja salah menyetting bagian ini sehingga menyebabkan laptop langsung masuk BIOS ketika dinyalakan.
  • Error pada Keyboard
    Untuk masuk ke menu BIOS biasanya kita harus menekan tombol tertentu seperti del. Ada kemungkinan keyboard laptop mengalami kerusakan sehingga tombol tersebut seolah-olah selalu ditekan.
  • Problem pada hardware lainnya
    Salah satu komponen yang berhubungan dengan BIOS adalah baterai CMOS. Kerusakan pada baterai CMOS ini akan menyebabkan settingan BIOS tidak bisa tersimpan dengan baik dan walhasil WINDOWS kalian akan mengalami gagal booting.

Cara setting BIOS agar langsung masuk Windows

Setelah mengetahui beberapa penyebab error tadi, sekarang akan saya coba jabarkan satu-persatu solusi yang bisa kalian lakukan, diantaranya adalah :

  1. Setting BIOS ke opsi Default
  2. Melakukan pengecekan baterai CMOS
  3. Melakukan pengecekan Keyboard Laptop
  4. Install Ulang Sistem Operasi

1. Setting BIOS ke Opsi Default

Hal pertama yang bisa kalian coba adalah dengan mengubah settingan BIOS ke default. Karena mungkin secara tidak sengaja kalian mengubah settingan sehingga ketika laptop dinyalakan tidak mau langsung masuk ke Windows.

Settingan BIOS mungkin agak berbeda tergantung pada merek laptop kalian. Akan tetapi secara garis besarnya sama aja kok.

  1. Masuk ke BIOS
  2. Masuk ke tab exit
  3. Piih Load Optimized Defaults ( bisa berbeda untuk tiap device )
  4. Untuk menyimpannya, pilih opsi save and Exit
  5. Selesai

Apabila problem memang ada di settingan BIOS, seharusnya laptop kalian sudah bisa booting ke Windows dengan normal.

Atau bisa juga dengan mengecek urutan booting di BIOS, pastikan urutannya sudah benar dan sesuai. Begini caranya :

  1. Masuk ke BIOS
  2. Pilih Menu Boot
  3. Silahkan pilih urutan perangkat mana yang akan booting lebih dahulu dengan menggukan tombol arah atau + dan -.
  4. Urutan yang biasanya saya pilih adalah Hard Drive pada urutan booting pertama
  5. tekan tombol f10 untuk keluar dan meyimpan settingan.

2. Melakukan pengecekan baterai CMOS

Oke next adalah pengecekan baterai CMOS. Apabila laptop kalian langsung masuk ke BIOS terus ada kemungkinan terjadi error pada baterai CMOS. Kalian bisa mencoba untuk me-resetnya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melepas lalu memasang kembali baterai lalu coba hidupkan baterai.

Namun kalau baterai CMOS sudah habis, mau tidak mau kalian harus menggantinya dengan yang baru. Karena baterai CMOS ini penting sebagai sumber daya pada motherboard untuk menyimpan settingan BIOS laptop kalian.

3. Melakukan pengecekan keyboard laptop

Selanjutnya kalian bisa mengecek kondisi keyboard pada laptop. Untuk kalian yang belum terbiasa mungkin agak sedikit kesulitan. Karena keyboard pada laptop harus dilepas terlebih dahulu. Dan tentu saja beda merek beda pula teknik melepasnya.

Apabila kalian ragu, bisa membawa ke tukang service laptop terdekat. Namun apabila nanti kalian penasaran ingin mencoba sendiri. Biasanya di youtube sudah banyak tutorial yang ada. Coba cari dengan kata kunci “bagaimana cara melepas keyboard laptop … ” atau “how to dissamble laptop …”

Apabila nanti problem memang ada di keyboard laptop. Kalian bisa menggantinya dengan yang baru. Untuk mendapatkan harga lebih murah, sebaiknya kalian membeli secara online di marketplace seperti Shopee, Bukalapak atau Tokopedia.

Atau alternatif lain kalian bisa menggunakan keyboard usb. Sama, ada beragam model dan harga yang juga bisa kalian temukan di marketplace.

4. Install Ulang Windows

Cara keempat yang bisa dicoba adalah dengan meng-install ulang OS Windows yang ada di laptop. Namun rasanya malas sekali harus install ulang OS apalagi jika sudah banyak software yang terinstall di laptop. Makannya alternatif cara ini saya tulis belakangan, hehe.

Oke itulah tadi sedikit artikel mengenai Cara setting BIOS agar langsung masuk Windows. Smeoga bermanfaat ya!

Posting Komentar untuk "Cara setting BIOS agar langsung masuk Windows"