Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana konsep teknologi dalam televisi ?

Televisi adalah salah satu penemuan terpenting abad ke-20. Ini telah mengubah cara orang berkomunikasi dan cara mereka memandang hiburan. Ini telah membawa informasi baru ke rumah Anda dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya, dan telah mampu menghibur Anda dengan lebih banyak pilihan daripada sebelumnya. 

Televisi juga dikenal sebagai "kotak idiot" karena sering kali menarik bagi penyebut umum terendah, tetapi masih banyak acara bagus di luar sana untuk orang-orang yang menginginkan sesuatu yang lebih cerdas daripada yang dapat ditemukan di program reality show atau komedi.

Bagaimana konsep teknologi dalam televisi

Transmisi analog

Transmisi analog adalah proses penyiaran sinyal televisi menggunakan sinyal analog. Dalam proses ini, sinyal dimodulasi dengan gelombang pembawa dan kemudian ditransmisikan melalui sinyal gelombang udara terestrial. Transmisi analog menggunakan modulasi amplitudo (AM) atau modulasi frekuensi (FM). Siaran dapat berupa suara monaural atau suara stereoponis.

Transmisi digital

Transmisi digital adalah cara pengiriman data atau informasi dimana data tersebut diubah menjadi bilangan biner. Dalam transmisi digital, data ditransmisikan dalam paket diskrit yang lebih mudah ditangani dan dikelola.

Transmisi digital memungkinkan Anda mengirim banyak pesan sekaligus tanpa gangguan karena setiap pesan memiliki saluran frekuensi uniknya sendiri.

Ini berarti sinyal digital tidak mengganggu satu sama lain, yang membuat transmisi digital lebih efisien daripada analog karena tidak ada kehilangan daya melalui interferensi antara sinyal pada saluran frekuensi yang sama.

Televisi berwarna

Televisi berwarna ditemukan oleh John Logie Baird, Philo Farnsworth, Vladimir Zworykin dan Edward Ives. Peter Goldmark kemudian mengembangkan sistem televisi berwarna yang akhirnya diadopsi sebagai standar di Amerika Serikat (standar warna NTSC).

Teknologi warna pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1953 dengan TK-40 RCA, perangkat yang rumit dan mahal yang tidak terjual dengan baik. Kemudian setelah direktur riset CBS Peter Goldmark mengembangkan sistem warna yang relatif murah (standar NTSC) menggunakan roda warna yang berputar, sistem ini segera diambil oleh pabrikan lain.

Televisi layar datar

Televisi layar datar adalah jenis televisi yang memiliki layar datar. Layar datar berbeda dari TV kotak yang lebih tua, yang memiliki bodi dan bingkai yang lebih tebal.

Selain lebih tipis dari TV kotak, layar datar juga memiliki lebih banyak fitur daripada rekan-rekan mereka yang lebih tua. Beberapa fitur tersebut antara lain: kontras warna, resolusi HD, kualitas suara, dan konsumsi daya.

Layar plasma

Layar plasma adalah TV layar datar. Teknologi di baliknya disebut tampilan plasma, yang menggunakan gas terionisasi untuk menghasilkan cahaya. Jenis layar ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan layar LCD, termasuk konsumsi energi yang lebih sedikit dan waktu respons yang lebih cepat (waktu antara saat Anda menekan tombol pada remote dan saat tombol ditampilkan di layar). Selain itu, banyak orang menemukan bahwa TV plasma memiliki rasio kontras yang lebih baik daripada LCD; ini berarti bahwa area hitam lebih gelap dan area putih lebih cerah.

LCD (Liquid Crystal Display)

LCD adalah jenis teknologi layar panel datar yang menggunakan lapisan kristal cair untuk menghasilkan gambar. Kristal cair disejajarkan dengan medan listrik, dan setiap perubahan medan listrik akan mempengaruhi orientasi kristal. Ini memungkinkan piksel untuk dikontrol satu per satu, yang berarti bahwa setiap piksel dapat dinyalakan atau dimatikan sesuai keinginan (seperti di TV atau monitor komputer Anda).

Layar LCD populer karena terang dan mudah dibuat lebih kecil daripada jenis teknologi layar lainnya. Mereka digunakan di banyak perangkat, termasuk televisi dan monitor komputer—dan bahkan beberapa ponsel!

Konsep teknologi di televisi

Teknologi adalah cara melakukan sesuatu. Teknologi adalah alat. Teknologi adalah cara berpikir. Konsep teknologi dalam televisi juga dapat didefinisikan sebagai "penggunaan perangkat, sistem, atau teknik apa pun yang meningkatkan kualitas atau efisiensi". Dengan kata lain, itu adalah penerapan pengetahuan (sains) untuk memecahkan masalah teknis dalam rangka menciptakan cara-cara baru untuk melakukan tugas.

Teknologi digunakan di hampir setiap aspek kehidupan kita saat ini - mulai dari memasak makanan hingga mengemudikan mobil dan membangun rumah! Itu ada di mana-mana!

Kesimpulan

Teknologi inilah yang menjadikan televisi sebagai cara terbaik untuk mendapatkan berita dan hiburan. Televisi memberi kita akses ke berbagai jenis program kapan saja, siang atau malam. Itu adalah penemuan luar biasa yang mengubah cara orang menonton TV hari ini!




Posting Komentar untuk "Bagaimana konsep teknologi dalam televisi ?"