Cara scan barcode secara online

Assalammualaikum. Kali ini saya akan berbagi tuorial cara scan barcode secara online. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Cara scan barcode secara online

Barcode dan QR code saat ini sudah sangat lazin digunakan. Kamu pasti sudah pernah melihatnya di berbagai media seperti acara TV, Event music, live streaming youtube bahkan undanagan pernikahan pun juga banyak yang memanfaatkan teknologi ini.

Perbedaan Barcode dan QR Code

Barcode dan QR code itu merupakan dua hal yang berbeda ya sob. Berikut ini akan saya berikan sedikit penjelasan buat kalian yang belum bisa membedakannya.

Barcode

Dari katanya yaitu bar yang apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia bermakna batang, barcode sendiri merupakan sebuah kode yang berbentuk garis panjang berjejer dengan besar dan jarak tertentu. Barcode ini sendiri menyimpan sekumpulan informasi berupa angka dan text.

Barcode sendiri sering kita jumpai pada kemasan-kemasan produk seperti makanan, sabun, peralatan rumah tangga bahkan berbagai inventori berukuran besar juga menggunakan barcode untuk lebih mudah dalam melakukan identifikasi.

Kelebihan Barcode

  1. Mampu menyimpan informasi hingga 43 character
  2. Lebih akurat bila dibanding metode manual
  3. Kecepatan saat scan sangat cepat

QR Code

QR Code merupakan singkatan dari Quick Response Code. Kode QR juga merupakan hasil pengembangan dari barcode yang sudah kita bahas sebelumnya. Bentuk dari kode QR adalah susunan kotak persegi kecil dan kotak persegi berukuran lebih besar di ketiga ujungnya. Fungsi dari ketiga kotak tersebut adalah mempermudah pembacaan dengan scanner.

Karena merupakan hasil pengembangan dari barcode, tentu saja QR code memiliki kelebihan apabila dibandingkan dengan pendahulunya. Saat ini kita bisa menjumpai kode QR yang digunakan di berbagai bidang mulai periklanan hingga keuangan.

Kelebihan QR Code

  1. Lebih aman
  2. Memberi kemudahan lebih ddalam penggunaannya
  3. Bisa menyimpan lebih banyak data, sekitar 2500 karakter
  4. Meminimalisir tingkat kesalahan data

Cara scan barcode secara online

1. Menggunakan Layanan Website

Cara termudah untuk men-scan barcode atau QR Code kalian bisa menggunakan layanan dari website penyedia aplikasi scanning. Jadi kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun untuk bisa melakukan proses scanning. Namun tentu saja perangkat mu harus memiliki akses ke internet agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. 

Sebagai contoh Saya akan menggunakan layanan dari webqr.com. Untuk detail langkah-langkahnya sebagai berikut : 
  1. Pastikan terlebih dahulu perangkatmu sudah terkoneksi internet 
  2. Buka browser yang terinstal di perangkat mu semisal Chrome lalu ketikan web QR atau langsung saja menuju url berikut ini https://webqr.com
  3. Selanjutnya Arahkan kamera ke arah barcode atau QR Code yang ingin kamu scan 
  4. Secara otomatis website tersebut akan melakukan scanning pada barcode tersebut 
  5. Selesai

2. Menggunakan Google Assistant

Cara kedua yang bisa kalian coba adalah dengan menggunakan bantuan dari aplikasi Google assistant. Aplikasi ini biasanya secara default sudah terinstal pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. Untuk detail langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 

  1. Buka drawer aplikasi pada smartphone kalian 
  2. Cari fitur pindai kode QR 
  3. Setelah itu Arahkan kamera ke barcode atau kode QR yang ingin kamu scan 
  4. Tunggu hingga proses scanning selesai
Ooke itulah tadi beberapa alteratif cara scan barcode secara online.yang bisa kalian coba sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat!




Link copied to clipboard.
Daftar Isi [Tampil]