Alternatif Pengganti Serverpilot dan Runcloud

Bingung mencari alternatif pengganti dari serverpilot atau runcloud yang saat ini sudah ga gratis lagi? Moss.sh mungkin adalah jawaban yang tepat. Untuk lebih detailnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Alternatif Pengganti Serverpilot dan Runcloud

Apa itu MOSS.SH

Moss merupakan virtual sysadmin untuk web developers. Moss memberikan fitur manajemen server yang mirip dengan serverpilot maupun runcloud. Akan tetapi moss memiliki keunggulan yaitu harga yang lebih murah, bahkan gratis. Namun jangan salah, fitur yang dimiliki moss juga sama canggihnya, tidak jauh berbeda dengan service premium lainnya.

MOSS VS SERVERPILOT VS RUNCLOUD

Untuk lebih memahami perbedaan dari ketiga server manajemen berbasis cloud tersebut. Silahkan simak uraiannya berikut ini :

SERVERPILOT

Serverpilot bisa dibilang adalah platform awal yang memperkenalkan manajemen server berbasis cloud. Beberapa tahun lalu, saya agak lupa, serverpilot ini menjadi favorit bagi banyak blogger karena ada versi gratisnya. Serta untuk instalasi juga sangat mudah. 

Namun sekarang versi gratis tersebut sudah tidak ada lagi dan kita diharuskan membayar biaya berlangganan perbulannya apabila ingin menggunakan layanan mereka.

Range Harga Serverpilot : 

  • Economy : $5/server + $0.50/app perbulan
  • Business : $10/server + $1/app perbulan
  • First Class : $20/server + $2/app perbulan
Kalian juga bisa mencoba trial serverpilot ini secara gratis selama 14 hari. Untuk metode pembayaran yang disediakan adalah kartu kredit dan Paypal.

RUNCLOUD

Sama seperti Serverpilot, kehadiran runcloud juga sempat menggegerkan dunia IM. Dengan adanya teknologi manajemen server berbasis cloud, kita tidak perlu lagi diribetkan dengan urusan install server yang cukup memakan waktu. Bahkan orang awam sekalipun tidak akan merasa kesulitam.

Cukup beli server berupa VPS atau Dedicated Server lalu koneksikan dengan runcloud maka server sudah siap digunakan.

Range Harga Runcloud :

  • Basic : $8 per bulan
  • Pro : $15 per bulan
  • Business : $45 per bulan
Khusus untuk versi basic, kalian hanya bisa menghubungkan dengan 1 server saja dan jumlah web app unlimited.

MOSS

Menurut saya, moss memiliki banyak kelebihan yang boleh diadu dengan dua pesaing sebelumnya.  Moss memiliki fitur integration yailtu kamu bisa mengubungkan akun moss ke provider server seperti Digital Ocean, Upcloud , VULTR, Limode, dll dengan mudah.

Range Harga Moss :

  • Free : 0$ / bulan
  • Starter : $9 / bulan
  • Professional : $19 / bulan
  • Unlimited : $49 / bulan
Tersedia juga addon untuk monitoring sebesar $5 / server. Fungsinya adalah secara otomatis memperingatkan kalian ketika ada yang salah dengan server kalian.

Menurut saya, untuk versi gratisan saja sudah lebih dari cukup, kita bisa menghubungkan banyak server dan membuat banyak app tanpa harus mengeluarkan biaya. Moss ini juga cocok untuk kalian yang menggunakan wordpress, jomla, laravel, symfony 3, Node, PHP dan juga HTML.

Fitur - fitur Moss

Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh moss :
  1. Unlimited Servers
  2. Unlimited Sites
  3. Unlimited Users
  4. Zero-downtime deployments
  5. Gitlab, GitHub, BitBucket, Custom
  6. Automatic security updates
  7. Databases
  8. Cron jobs
  9. Workers
  10. Firewall
  11. Auto integgrations : Amazon EC2, DigitalOcean, Google Cloud, Slack, VULTR.

Kelebihan Moss

Kelebihan dari moss yang paling saya rasakan adalah kemudahan ketika memanage server. Menambahkan dan menghapus domain pun juga terasa mudah. Selain itu disediakan juga script installer seperti Wordpress, Jomla, dll secara gratis.

Untuk saya sebagai pengguna wordpress tentu saja akan sangat terbantu karena mempersingkat waktu yang diperlukan ketika akan membuat website.

Kekurangan Moss

Ada kelebihan tentu saja ada kekurangan. Sejauh ini yang saya temukan adalah tidak adanya file manager bawaan dan fitur  import-export database seperti di CPANEL. Namun itu juga sebenarnya bukan kendala yang berarti karena kita bisa menggunakan software SSH/SFTP client seperti Bitvise, Filezilla,Cyberduck, Winscp, dll.

Cara Install Moss

Untuk menginstall moss, caranya sangatlah mudah. Namun sebelumnya kalian harus menyiapkan sebuah server terlebih dahulu, bisa berupa VPS, Semi Dedicated Server, bahkan Dedicated server sekalian.

Untuk VPS saya sangat merekomendasikan Upcloud. Terdapat banyak lokasi server yang tersebar di seluruh dunia, mulai dari Singapura hingga Amerika. Harganya pun sangat murah yaitu mulai dari $5 perbulan saja.

INFO Gunakan kupon 862R8E untuk mendapatkan free saldo sebesar $25 di Upcloud cukup dengan top up minimal $5. Atau bisa juga dengan langsung klik link berikut ini : 👉 Free saldo $25 Upcloud

Selanjutnya, silahkan baca postingan berikut ini untuk mengetahui bagaimana step by step instalasi Moss dengan lengkap dan detail : Tutorial Lengkap Moss.sh

Baiklah, itu tadi sedikit informasi mengenai web panel gratisan yang bisa dijadikan alternatif semenjak Serverpilot dan Runcloud menghilangkan opsi gratis pada layanan mereka. Semoga artikel ini bermanfaat!
Bisnis Online Blog
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.