Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 SSD Yang Bagus Untuk Laptop – Murah dan Terbaik!

Ternyata SSD yang bagus untuk laptop saat ini harganya sudah tidak terlalu mahal. Ada beberapa merk ssd yang bagus untuk direkomendasikan ke kalian. Silahkan simak artikel selengkapnya dibawah ini.

SSD Yang Bagus Untuk Laptop

Di artikel ini kami akan mengulas secara mendetail mengenai SSD, termasuk beberapa rekomendasi SSD budget murah namun dengan peforma yang bagus.

Apa itu SSD

Sebelumnya saya akan sedikit akan menjelaskan mengenai apa itu SSD. SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive. Berbeda denhan Hardisk yang menggunakan cakram untuk media penyimpananya, SSD menggunakan teknologi yang berbeda yaitu flash memory.

Chip flash memory pada SSD yang bagus untuk laptop biasa juga disebut dengan NAND. Kecepatan menulis (write) dan membaca (read) dari SSD jauh lebih unggul apabila dibandingkan dengan hardisk konvensional yang selam ini kita kenal.

Namun yang harus kalian ketahui bahwa jenis memory ini berbeda dengan yang ada di flashdisk. Meskipun memiliki beberapa kemiripan, Komponen serta peforma SSD tentu saja jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan flashdisk. Hal ini pula yang menyebabkan harga SSD jauh lebih mahal dari harga flashdrive di pasaran.

HDD VS SSD

Saat ini SSD sudah menggantikan peranan HDD sebagai media penyimpanan utama untuk laptop dan komputer. Hal ini tidak terlepas dari performa yang jauh berbeda diantara keduanya.

Saat ini kebanyakan orang menjadikan hardisk sebagai secondary drive untuk media penyimpanan file saja. Sedangkan untuk sistem operasi dan instalasi software hampir semuanya sudah beraloh ke SSD.

Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut ini beberapa perbedaan mendasar antara HDD dan SSD.

Kecepatan

Seperti yang sudah sedikit saya singgung sebelumnya, kecepatan SSD jauh berada diatas HDD. Berdasarkan pengetesan dari beberapa situs besar menunjukkan bahwa kinerja dari SSD yang bagus untuk laptop bisa 10 kali lipat apabila dibandingkan dengan HDD. Bahkan dalam beberapa sekenario malah bisa lebih.

Untuk membedakan secara gampang bisa kalian perhatikan ketika proses boot up Windows. Jeda waktu mulai dari menyalakan hingga masuk Windows dengan menggunakan SSD akan terasa lebih singkat daripada menggunakan Hardisk

Harga

Dari segi harga, SSD memiliki harga yang lebih mahal apabila dibandingkan dengan Hardisk. Misalnya untuk HDD berkaspasitas 1 tera rata-rata dibanderol dengan harga 600 ribuan sedangkan untuk SSD sekitar 1,6 jutaan.

Perbedaan harga yang cukup mencolok bukan? Tetapi tentu saja sebanding dengan peforma yang bisa kalian peroleh.

Tips dari saya adalah menggunakan SSD yang bagus untuk laptop dengan kapasitas yang tidak terlalu besar semisal 240 GB untuk menjalankan sistem dan aplikasi. Di combo dengan HDD kapasitas besar untuk media penyimpanan file.

Cara Kerja

Cara kerja SSD dan hardisk sangatlah berbeda. Apabila HDD menggunakan putaran cakram untuk proses write / read data, SSD sudah menggunakan sistem full elektrik.

Ukuran

Untuk masalah ukuran, HDD memiliki ukuran yang lebih besar apabila dibandingkan dengan SSD. Hal ini disebabkan oleh komponen piringan cakram yang ada di dalam hardisk itu sendiri.

Hampir semua laptop keluaran baru saat ini juga menggunakan SSD jenis NVME yang memiliki ukuran seperti network card saja. Alhasil laptop keluaran sekarang bisa memiliki ukuran yang super tipis.

Usia Pemakaian

Untuk hardisk batas pemakainnya disebut MTBF (Meant Time Between Failure). Ketika sudah mencapai MTBF, ciri yang paling kelihatan adalah hardisk akan mengalami kerusakan seperti bad sector sehingga sudah harus diganti.

Untuk SSD batas pemakaiannya bisa disebut dengan TBW (Terabytes Written). Penghitungan usia dihitung berdasarkan berapa kali SSD menulis ulang data di memori penyimpanannya. SSD yang bagus untuk laptop harusnya memiliki ketahanan setidaknya 5- 10 tahun pemakaian.

Kapasitas

Perbedaan utama antara SSD dan HDD adalah kapasitas. Dipasarn saat ini Kapasitas SSD berkisar antara 128 GB hingga 512 GB rata-rata lebih kecil dari HDD. Namun Anda dapat meningkatkan kapasitas ini dengan memori tambahan.

Di sisi lain kapasitas HDD lebih besar dari SSD. Banyak perangkat laptop di pasaran saat ini memiliki setidaknya satu hard drive 500GB bawaan. Bahkan kapasitas hard disk maksimal bisa mencapai 2TB!

Sangat jarang menemukan SSD yang bagus untuk laptop konsumen yang lebih besar dari 2TB dikarenakan harganya mahal. Kemungkinan besar Anda akan menemukan unit 500GB hingga 1TB sebagai drive utama dalam suatu sistem. Sementara 500GB dianggap sebagai kapasitas hard drive standar untuk laptop premium saat ini masalah harga bisa mencapai 128GB atau 256GB untuk sistem berbasis SSD yang murah.

Untuk pada pengguna yang terbiasa membuat media besar atau pembuat konten tentu saja membutuhkan lebih banyak kapasitas SSD yang bagus untuk laptop. Drive 1 TB hingga 8 TB tersedia pada sistem kelas atas. Tentu saja harganya tidak murah sehingga masih banyak juga yang tetap menggunakan HDD untuk menyimpan media.

Konsumsi Energi

SSD yang bagus untuk laptop tidak membutuhkan banyak energi listrik untuk memproses data. Tidak seperti HDD yang masih menggunakan cakram bergerak untuk memproses data. Tentu saja HDD membutuhkan lebih banyak daya listrik apabila dibandingkan dengan SSD.

Durabilitas

Perbedaan selanjutnya antara SSD dan HDD terkait dengan daya tahan komponen. SSD relatif aman karena tidak ada bagian yang bergerak. Saat laptop dipindahkan datanya disimpan di chip sehingga aman. Pada saat yang sama komponen hard disk mungkin rusak yang mengakibatkan hilangnya data. Karena data HDD ada di disk. Ada juga risiko kerusakan data jika disk berputar.

Setiap peran perangkat tentu akan memberikan efek eksternal yang berbeda ke perangkat induk tempat kedua komponen ini dipasang. HDD sering berisik karena komponen mekanis. Di sisi lain perangkat dengan teknologi SSD yang bagus Untuk Laptop lebih senyap dan tidak cepat panas karena tidak memiliki bagian yang bergerak saat bekerja.

Jenis SSD

Ada beberapa jenis SSD yang bisa kalian temukan dipasaran. Tentu saja harga untuk tiap jenisnya juga berbeda-beda.

SSD 2.5 inch

Dapat dikatakan bahwa SSD 2,5 inci adalah jenis SSD yang paling populer saat ini. Drive format SSD 2,5 inci memiliki ketebalan yang berbeda. Ukurannya hampir mirip dengan HDD untuk laptop yaitu 2.5 inch.

Kalian bisa juga menggunakan adapter untuk menginstall SSD ini ke laptop agak jadul namun dengan mengorbankan slot CD yang ada. Jenis ini juga merupakan SSD yang bagus untuk laptop jadul maupun baru. Untuk kalian pengguna PC lama pun juga bisa, karena slot yang digunakan adalah SATA 3.

SSD mSATA

SSD mSATA memiliki faktor bentuk yang lebih kecil daripada SSD standar dan dirancang untuk digunakan dengan perangkat seluler terbatas daya seperti tablet notebook dan netbook. SSD mSATA juga digunakan di banyak produk komersial seperti perangkat POS kios ritel dan printer multifungsi.

SSD mSATA ini berukuran sebesar kartu nama. Keuntungan SSD mSATA adalah selain ukurannya yang kecil perangkat tahan guncangan atau getaran dengan konsumsi daya rendah dapat dihidupkan atau dimatikan dengan cepat.

SSD M.2 SATA

SSD SATA M.2 ini dirancang untuk menghadirkan media penyimpanan berkinerja tinggi di perangkat tipis dengan daya terbatas seperti laptop dan tablet ultrabook. SSD jenis ini biasanya berukuran lebih kecil dari SSD mSATA.

Hanya SSD mSATA yang merupakan SSD faktor bentuk mSATA sedangkan M.2 adalah SSD faktor bentuk M.2. Ada dua varian SSD SATA M.2 ini yang pertama adalah M.2 dua sisi yang berukuran 22mm x 60mm dan yang kedua adalah M.2 satu sisi yang berukuran 22mm x 80mm. Perbedaan antara kedua M.2 adalah pada kapasitasnya saja.

SSD M.2 NVMe

SSD jenis NVME ini memiliki peringkat kecepatan paling tinggi apabila dibandingkan dengan jenis SSD lainnya. Jadi untuk kalian yang mencari SSD yang Bagus Untuk Laptop dan tidak terlalu mementingkan harga, jenis NVME ini cocok untuk kalian.

NVMe atau Non-Volatile Memory Express adalah standar atau protokol komunikasi yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan besar sepeti Intel, Samsung,SanDisk,Dell dan Seagate untuk SSD.

Pada dasarnya ini memungkinkan memori flash NVMe berjalan langsung pada antarmuka PCIe seperti SSD alih-alih melalui batasan kecepatan SATA yang lebih lambat.

SSD PCIe

Berikutnya adalah SSD PCIe yang menggunakan antarmuka PCIe. PCIe adalah salah satu dari empat faktor bentuk SSD. SSD berbasis PCIe biasanya mengungguli Serial ATA (SATA) berbasis server.

Spesifikasi format untuk perangkat berbasis PCIe dikembangkan dan dikelola oleh PCI Special Interest Group (PCI-SIG). Contoh produk SSD PCIe adalah seri Intel Optane SSD 905P. Selain faktor bentuk ini Intel memiliki produk mandiri yang berfungsi seperti SSD dan menampilkan memori Intel Optane dalam faktor bentuk M.2. Intel Optane bertindak sebagai cache memori dan fungsinya untuk meningkatkan kinerja hard drive.

SSD yang Bagus Untuk Laptop

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi merek SSD terbaik sesuai yang beredar di pasaran baik itu online maupun konvensional di Indonesia.

SSD 2.5 inch terbaik

Untuk list pertama ini adalah SSD jenis 2.5 inch yang merupakan jenis SSD paling populer saat ini. Merk ssd murah terbaik yang ada di daftar berikut ini Cocok digunakan di laptop keluaran terbaru maupun untuk kalian yang ingin mengupgrade drive penyimpanan di laptop jadul.

Untuk kapasitas yang kami pilih adalah ukuran 240 gb. Karena menurut data di marketplace kapasitas tersbut menjadi yang terlaris nomor 1. Daftar yang kami tampilkan di bawah ini memiliki rentang harga yang terjangkau, bervariasi tergantung budget masing-masing.

1. WD Green SSD 240GB Sata 3

Gambar SSD WD Green 240 GB

Spesifikasi :

  • Ketebalan 7MM
  • Interface Sata 3
  • ukuran 2.5inch
  • Model WDS240G1G0A

Dibekali dengan teknologi caching SLC (single-level cell), SSD WD Green menawarkan kinerja lebih baik untuk penggunaan komputer sehari-hari. Telusuri web, mainkan game favorit Anda, atau mulai sistem secepat kilat dengan SSD WD Green.

Tersedia dalam casing 2,5/7mm dan model M.2 2280, SSD WD Green sangat ringan dan tahan goncangan, yang membantu mencegah kehilangan data jika drive terbentur atau terjatuh dengan tidak sengaja. Dengan sertifikasi F.I.T. Lab dari WD untuk kompatibilitas dan keandalan, SSD WD Green memenuhi standar WD tertinggi.

Dengan salah satu drive dengan peringkat konsumsi daya terendah di industri, SSD WD Green membantu Anda menjalankan PC laptop untuk jangka waktu lebih lama.

Untuk produk dari WD ini saya sudah memakainay sendiri di laptop ASUS keluaran lama milik saya. Menurtu saya performanya sangatlah bagus dan menjadi salah satu SSD yang Bagus Untuk Laptop versi saya.

Harga : Rp.430.000,-

2. Adata SSD SU650 Ultimate

Adata SSD SU650 Ultimate
Spesifikasi :

  • Capacity : 240GB
  • Form Factor : 2.5″
  • NAND Flash : 3D NAND
  • Dimensions (L x W x H) : 100.45 x 69.85 x 7mm / 3.95 x 2.75 x 0.27inch
  • Weight : 59.5g / 2.1oz
  • Interface : SATA 6Gb/s
  • Sequential Read (Max*) : Up to 520MB/s
  • Sequential Write (Max*) : Up to 450MB/s
  • 4KB Random Read IOPS(Max*) : Up to 40K
  • 4KB Random Write IOPS(Max*) : Up to 75K
  • Operating Temperature : 0C – 70C
  • Storage Temperature : -40C-85C
  • Shock Resistance : 1500G/0.5ms
  • MTBF : 2,000,000 hours
  • Terabytes Written (TBW)(Max Capacity*) : 560TB
  • Warranty : 3-year limited warranty

Harga : Rp.354.000,-

3. Sandisk SSD Plus 240GB Sata 3


Menurut berita perusahaan Sandisk sudah diakusisi oleh Western DIgital (WD). Bisa dibilang Sandisk SSD plus ini merupakan saudara kembar dari WD Green yang sudah kita bahas sebelumnya.

Fitur:

  • perpanjang daya laptop atau PC desktop anda
  • melakukan boot-up, shutdown,dan respon aplikasi dengan lebih cepat
  • desain padat yang tahan lama
  • cocok untuk beban kerja PC biasanya
  • kemudahan pemasangan
  • drive yang lebih efisien (jadi baterai laptop Anda bisa bertahan lama hanya dengan sekali pengisian.)

Spesifikasi:

  • Kecepatan Baca: hingga 530 MB/s**
  • Kecepatan Tulis: hingga 310 MB/s**
  • Antarmuka: SATA Revision 3.0 (6 Gb/s)

Harga : Rp.470.000,-

4. KINGSTON UV400

KINGSTON UV400

Spesifikasi :

  • Kapasitas: 240GB
  • Ukuran: 2.5”’
  • Ketebalan: 7mm
  • Interface: SATA 3

Kingston UV400 SATA3 memiliki kecepatan read hingga 550 MB/s dan kecepatan write hingga 350 MB/s. Ditambah dengan interface SATA 3 6Gb/s akan membuat kinerja SSD ini semakin menjadi lebih baik dan lebih cepat.

Harga : Rp.238.000,-

5. PNY CS900 240GB 2.5” SATA III

PNY CS900 240GB

Spesifikasi :

  • Form Factor 2.5 inch
  • Height 7mm
  • Interface SATA-III 6Gb/s; backwards compatible with SATA-II 3Gb/s
  • Max Sequential Read Speed 515 MB/s
  • Max Sequential Write Speed 490 MB/s

Harga : Rp.315.000,-

6. Crucial BX500 240GB 3D NAND SSD SATA 2.5-inch

Crucial BX500 240GB

Spesifikasi :

  • Model : BX500
  • Size : 240GB
  • Read/write = 540/500Mb/s
  • TBW = 80
  • Warranty: 3 years

Harga : Rp.380.000,-

7. Team Group SSD GX1 2.5 SATA III


Fitur :

  • 4x lebih cepat dari HDD – memasukkan vitalitas ke dalam sistem.
  • High performance – Kecepatan baca hingga 530 MB/s untuk meningkatkan responsibilitas dan kinerja sistem secara keseluruhan
  • Slim form factor – drive 2,5 inci dengan ketebalan 7mm agar muat di banyak sistem (bahkan notebook yang lebih ramping)
  • Supports S.M.A.R.T. – Memantau status drive Anda
  • Supports TRIM – mempertahankan kinerja maksimum sistem operasi yang kompatibel

Spesifikasi :

  • Brand TEAM Group
  • Tipe Perangkat Internal Solid State Drive (SSD)
  • Model GX1
  • Hardware Platform PC Desktop / Laptop / Notebook
  • Form Factor 2.5”
  • Interface SATA Rev. 3.0 (6Gb/s) – kompatibilitas juga
  • dengan SATA Rev. 2.0
  • Kapasitas 240GB
  • Warna Hitam
  • Dimensi 7 x 69.9 x 100 mm (H x W x L)
  • Berat 498g / 0,498kg
  • Voltase DC +5V
  • Suhu Operasional 0°C ~ 70°C
  • Suhu penyimpanan -40˚C ~ 85˚C
  • Terabyte Written 120GB / >30TB
  • 240GB / >60TB
  • 480GB / >120TB
  • 960GB / >240TB

Performa ATTO / Crystal Disk Mark:

  • 120GB > Read: Up to 500MB/s Max ; Write: 320MB/s
  • 240GB > Read: Up to 500MB/s Max ; Write: 400MB/s
  • 480GB > Read: Up to 530MB/s Max ; Write: 430MB/s
  • 960GB > Read: Up to 530MB/s Max ; Write: 480MB/s
Informasi Lain :

  • Humidity 0°C ~ 55°C / 5% ~ 95% RH,non-condensing
  • Vibration 20G (non-operating)
  • Shock 1,500G
  • MTBF 1,000,000 hours
  • Sistem Operasi Windows 10 / 8.1 / 8 / 7 / Vista
  • MAC OS 10.4 atau terbaru
  • Linux 2.6.33 atau terbaru
  • Garansi Garansi TEAM 3 tahun (*Syarat dan ketentuan berlaku)

Harga : Rp.299.000,-

8. V-GeN Platinum SATA III 

v-gen platinum 240 gb

Spesifikasi :

  • Capacity : 240GB / 256GB
  • Dimensi : 100 x 70 x 6 mm
  • Speed : Read up to 510 MB/s
  • Write up to 410 MB/s
  • Interface : SATA 3 – 6 GB/s
  • Form Factor : 2.5 inch
  • Warranty : 3 years one to one replacement
  • Type : Internal Storage
  • Supported : UDMA Mode 6
  • TRIM Support : Yes (Requires OS Support)
  • Garbage Collection : Yes
  • S.M.A.R.T : Yes
  • Write Cache : Yes
  • Host Protect Area : Yes
  • APM : Yes
  • NCQ : Yes
  • 48-Bit : Yes
  • Security : AES 256-Bit Full Disk Encryption (FDE)
  • TCG/Opal V2.0 , Encryption Drive (IEEE1667)
  • Volume : +/- 20 gr

Harga : Rp.298.000,-

9. MSI SSD SPATIUM S270 240GB Sata 3

MSI SSD SPATIUM S270

Spesifikasi :

  • Model Name : SPATIUM S270 SATA 2.5“
  • Capacity : 240GB
  • Controller : PHISON S11
  • Flash Memory : 3D NAND
  • Form Factor : SATA 2.5”
  • Interface : SATA III 6Gbs
  • Compatibility : SATA III (6Gbps
  • Dimensions : 100. 2 0mm (L) x 69 85 mm (W) x 7 00 mm (H)
  • Sequential Read up to (MB/s) : 500
  • Sequential Write up to (MB/s) : 400
  • Random Read 4KB up to (IOPS) : 50K
  • Random Write 4KB up to (IOPS) : 80K
  • Maximum Operating Power (W) : 1.7
  • Idle Power (mW) : 325
  • Low Power (mW) : 4.9
  • Operating Temperatures : 0°C – 70°C
  • Storage Temperatures : -40°C – 85°C
  • Terabytes Written (TBW) : 110
  • Mean Time Between Failure (MTBF) : Up to 2,000,000 Hours
  • Limited Warranty : 5 Years, or the coverage for the maximum TBW as stated, whichever comes first.
  • Advanced Features : TRIM (Performance Optimization, OS support required)
  • Advanced Features : SMART (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology)
  • Advanced Features : LDPC (Low Density Parity Check) ECC Algorithm
  • Advanced Features : Over Provision

Harga : Rp.380.000,-

10. Colorful SL500 SSD 240GB Sata 3

Colorful SL500

Spesifikasi :

  • Garansi Resmi 3 TahunKetebalan 7MM
  • Interface Sata 3
  • ukuran 2.5inch
  • Up to. Read 400 MB/s
  • Up to. Write 400 MB/s
  • Controller SMI
  • NAND_Flash 3D NAND
  • Interface SATA III
  • Volume 240GB

Harga : Rp.365.000,-

11. VenomRX Super SSD 240 GB

VenomRX Super SSD 240 gb

Spesifikasi :

  • High Performance
  • Max read/write speed:545MB/435MB
  • Superior stability
  • Use high quality of Nand Flash that is rigorously tested for durability
  • Fast start-up, loading and file transfers
  • Better overall system performance
  • More reliable and durable than a hard drive
  • Low power consumption, quiet operation
  • World class quality and support
  • Storage Capacity : 120GB/ 240GB
  • Form factor : 2.5″ SATA III (6Gb/s)
  • Max sequential read speed : 545MB/s
  • Max sequential write speed : 435MB/s
  • Dimensions (L × W × H) : 100 mm x 69 mm x 7 mm

Harga : Rp.240.000,-

12. SSD RX7 240 GB

SSD RX7 240 GB

Spesifikasi :

  • SSD SOLID STATE DRIVE 2.5 SATA Rev 3.0 (6Gb/s)
  • Read Speed up to 550 mb/s
  • Write Speed up to 530 mb/s

Harga : Rp. 215.000,-

Tips memilih SSD

Berikut ini ada beberapa tips untuk kalian dalam membeli SSD

  1. Sesuaikan besar kapasitas dengan kebutuhan kalian
  2. Pilih produk yang memberikan garansi
  3. Pilih brand yang lumayan sudah ternama agar kalian tidak perlu repot ketika ada masalah
  4. Untuk laptop jadul, kalian bisa memanfaatkan slot CD drive yang ada. Gunakan adapter agar bisa digunakan untuk memasang SSD di laptop kalian.

Kesimpulan

SSD sudah menjadi barang wajib untuk laptop sekarang ini. Untuk bisa mendapatkan SSD yang Bagus Untuk Laptop kalian itu semua kembali ke kalian sendiri. Melihat harga SSD yang cukup tinggi, ada baiknya apabila kalian menyesuaikan besaran kapasitas sesuai dengan yang kalian butuhkan agar tidak mubazir.

Untuk beebrapa merek di atas saya sortir berdasar minat dari para pembeli di marketplace. Selain itu juga berdasarkan review positif dari orang-orang yang sudah membelinya. Namun yang perlu kalian catat bahwa mungkin saja list diatas (termasuk harga) bisa berubah sewaktu-waktu.

Sekian, Semoga artikel ini bisa bermanfaat!

Posting Komentar untuk "12 SSD Yang Bagus Untuk Laptop – Murah dan Terbaik!"