Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada! Begini cara membedakan e-Materai Elektronik Asli dan Palsu dengan mudah

Di peraturan terbaru ini Calon peserta PPPK 2022 harus melengkapi pendaftaran dengan menggunakan e-Materai atau materai elektronik. Baru-baru ini deitemukan bahwa e-Materai abal-abal telah muncul di pasaran. Lantas bagaimana cara mengidentifikasi mana yang asli dan palsu?

cara membedakan materai elektronik asli dan palsu

Alasan Penggunaan E-Materai

Badan Kepegawaian Negara (BPK) mewajibkan peserta menggunakan e-materai dalam proses pendaftaran PPPK 2022 terbaru. Aturan itu diberlakukan bukan tanpa alasan. Dalam PPPK 2021 BKN ditemukan ketidaksesuaian penggunaan materai konvensional.

Ada juga temuan materai yang ditempelkan pada kertas pernyataan kemudian dipindai dan ditempelkan lagi pada kertas lain. Bahkan di lapangan juga ditemukanbanyak peserta PPPK 2021 yang kemudian mendownload gambar materai dari internet yang bisa di-paste ke file aplikasi seperti MS Word.

BKN telah memutuskan untuk menggunakan materai elektronik dan mulai di uji cobakandi PPPK pada tahun 2022 dengan tujuan untuk menghindari terulangnya kesalahan yang disebutkan di atas. Namun, pada peserta juga harus menghindari ematerai palsu yang banyak digunakan. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara membedakan materai elektronik asli dan palsu.

Cara Membedakan Materai Elektronik Asli dan Palsu

Penggunaan materai elektronik mengacu pada undang-undang no. 10 Tahun 2020 tentang modernisasi dari penggunaan materai tradisional yang biasanya kita lem pada lembar dokumen. 

Materai elektronik memiliki beberapa komponen dan karakteristik yang perlu kalian perhatikan dengan seksama. Fitur dan komponen ini menentukan keaslian dan efektivitas materai elektronik tersebut. Diantaranya adalah :
  • Terdapat tulisan Materai Elektronik
  • Terdapat kode unik / nomor seri e-materai
  • Terdapat logo Garuda Pancasila pada sebelah kanan atas
  • Terdapat tulisan yang menyatakan nominal dari bea materai elektronik berupa angka dan juga huruf yang ditulis dengan font kapital. misal "10000" dan "Sepuluh Ribu Rupiah"
  • Perhatikan kode unik berbentuk bingkai yang mengitari elemen-elemen diatas.

Bagaimana Cara Membeli Materai Elektronik Asli

Pastikan Anda membeli dari distributor resmi Peruri untuk menerima merek materai elektronik asli. Hindari memperoleh materi melalui e-commerce seperti Tokped dan Shopee karena keasliannya agak diragukan.

Materai elektronik asli dapat dibeli langsung dari tautan Peruri Digital Security yang dapat diakses di https://e-materai.co.id/

Sebagai catatatn tambahan, Hanya dokumen pdf yang dapat digunakan untuk menempatkan materaielektronik. Jika penjual prangko elektronik meminta dokumen selain format PDF Anda harus curiga bahwa prangko yang dijual kemungkinan besar adalah palsu.

Semoga penjelasan mengenai bagaimana cara membedakan e-materai elektronik asli dan palsu ini bermanfaat. Sekian, terimakasih!

Posting Komentar untuk "Waspada! Begini cara membedakan e-Materai Elektronik Asli dan Palsu dengan mudah"